April 5, 2020

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Seledri

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Seledri – Yang dimaksud dengan tanaman seledri adalah salah satu jenis tanaman sayur – sayuran yang sudah dikenal sejak zaman dahulu oleh masyarakat di Indonesia. Oleh masyarakat terutama di daerah pedesaan memanfaatkan tanaman ini sebagai sayuran penyedap rasa da penambah aroma alami pada masakan. Seledri bisa dikelompokkan sebagai tanaman herba dengan menonjolkan daunnya yang bergerigi membentuk cakram kecil berwarna hijau tua ketika sudah dewasa.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Seledri
Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Seledri

Seledri adalah salah satu tanaman herba yang mempunyai segudang manfaat dalam bidang kesehatan dan kebugaran tubuh manusia khususnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan tulang dan gigi, sebagai anti kanker, menurunkan kadar kolesterol, penurun panas dan dapat menyuburkan rambut secara alami.

Klasifikasi Tanaman Seledri

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Ordo : Umbelliferales
  • Family : Umbelliferae / Apiaceae
  • Genus : Apium
  • Species : Apium Graviolens L

Morfologi Pada Tanaman Seledri

  • Morfologi akar tanaman seledri

Morfologi seledri mempunyai sistem perakaran yaitu akar tunggang yang tumbuh tegak ke dalam tanah sedalam 30 cm dan akar serabut yang tumbuh menyebar hingga radius sekitar 5 s/d 9 cm yang mana akar seledri berfungsi untuk menyerap unsur hara dan air dari dalam tanah serta menopang berdirinya tanaman di atas tanah.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kencur

  • Morfologi batang tanaman seledri

Batang – batang tanaman seledri berbentuk persegi namun tidak berkayu dan beruas – ruas serta memiliki cabang banyak. Pangkal batang berwarna putih.

  • Morfologi daun tanaman seledri

Daun – daun pada tanaman seledri memiliki warna hijau muda hingga hijau tua yang bentuknya menyirip ganjil dengan bagian tepi daun beringgit membentuk cakram dan ujung daun meruncing dan helai daun tipis – tipis. Rata – rata daun berukuran panjang dan lebar sekitar 3 x 3 cm dan daun memiliki tangkai dengan ukuran panjang kisaran 1 s/d 3 cm.

  • Morfologi bunga tanaman seledri

Bunga tanaman seledri merupakan bunga majemuk yang memiliki bentuk menyerupai payung dan berwarna putih keluar dari ketiak daun bagian pucuk tanaman yang sudah tua dan bunga berjumlah 8 s/d 12 helai. Bunga – bunga yang dimaksudkan memiliki buah berbentuk bulatan berwarna hijau pada bagian ujung tangkai bunga. Bunga – bunga yang sudah terbuahi maka bulatan di ujung tangkai bunga akan menjadi buah muda sejati berwarna hijau dan akan berubah warna menjadi coklat ketika buah telah berusia tua.

  • Morfologi buah tanaman seledri

Buah dari tanaman seledri yang masih muda memiliki warna hijau dan akan berubah menjadi coklat ketika sudah tua. Bentuk buahnya bulat bulat yang menggelantung di ujung tangkai bunga.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman seledri, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mimba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *