April 5, 2020

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mimba

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mimba – Tanaman mimba / azadirachta indica berasal dari Asia Tenggara yang selanjutnya mengalami pesebaran hingga ke Indonesia dan tumbuh subur di berbagai negara di seluruh dunia. Di Arab tanaman ini dikenal dengan istilah neeb dan dalam Bahasa Persia dikenal dengan nama azad diracht atau istilah margosa dalam Bahasa Inggris yang di Indonesia dikenal sebagai tanaman mimba. Meskipun sudah dikenal dengan nama mimba, di daerah – daerah tertentu di Indonesia memiliki nama – nama tersendiri antara lain nimbi di Jawa, mempheuh di Madura, dan intaran di Bali.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mimba
Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mimba

Tanaman mimba merupakan salah satu jenis pohon yang tergolong ke dalam sub family Meliaceae yang saat ini mendapatkan penelitian terbanyak di dunia dan temuan terakhir adalah berpotensi sebagai pestisida alami.

Dalam sistematika tumbuhan, kedudukan tanaman ini dapat diklasifikasikan dan morfologinya adalah sebagai berikut.

Klasifikasi Tanaman Mimba

  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub divisio : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Ordo : Rutales
  • Famili : Meliaceae
  • Genus : Azadirachta
  • Spesies : A Indica A Juss Sinonim Melia Azadirachta

Morfologi Tanaman Mimba

morfologi mimba yang menyerupai dengan tanaman sejenisnya yaitu mindi / meliaazedamch, maka dari itu ciri morfologi tanaman ini perlu dilihat lebih jelas sehingga akan mendapatkan penggambaran yang tepat.

Tanaman mimba adalah berupa pohon dengan ketinggian antara 8 s/d 15 m, bunga bersifat bunga banci, batang bersifat simpodial, kulit batang mengandung gum sehingga bercita rasa pahit. Daun menyirip gasal dengan posisi berpasangan dan anak – anak daun memiliki helaian berbentuk memanjang lanset bengkok dengan panjang sekitar 3 s/d 10 cm, lebar antar 0,5 s/d 3,5 cm, pangkal runcing tidak simetri dengan ujung – ujung runcing bertepi daun bergerigi kasar, remasan berasa pahit dan warna daun hijau muda ketika masih berusia muda dan menjadi hijau tua ketika sudah dewasa.

Bunga memiliki susunan malai terletak pada ketiak daun paling ujung, ukuran antara 5 s/d 30 cm dengan tangkai bunga antara 1 s/d 2 mm. Kelopak kekuningan, bersilia, rata – rata berukuran 1 mm dan tanpa bulu. Buah bulat, hijau kekuningan berukuran antara 1,5 s/d 2 cm yang mengalami waktu berbunga sekitar bulan Maret s/d Desember setiap tahun.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kapulaga

Manfaat Daun Mimba Sebagai Tanaman Obat Serba Guna

Daun tanaman mimba sejak dulu dikenal sebagai obat herbal untuk khasiat mengobati sakit kusta, kelainan mata, mimisan, cacingan, sakit perut, kehilangan nafsu makan, gejala maag, penyakit jantung, demam, penyakit gusi dan penyakit hati,

Sari kulit kayu tanaman mimba berkhasiat guna media pengobatan malaria, penyakit kulit, nyeri, dan demam. Kulit batang pohon mimba pada waktu – waktu tertentu setiap tahun akan menghasilkan cairan dalam jumlah besar yang mana cairan inilah diminum sebagai obat penyakit lambung di India. Bunga dari pohon ini bisa digunakan untuk membantu pengobatan wasir / ambeien, cacingan, gangguan saluran kencing, dahak, luka dan kusta. Ranting – ranting pohon ini bermanfaat untuk media mengobati penyakit asma / batuk. Biji dan minyak biji dari pohon ini bermanfaat untuk membantu penyembuhan kusta dan cacingan, sedangkan batang, akar, dan buah dari pohon ini digunakan sebagai face tonic.

Fungsi daun mimba bagi tubuh adalah sebagai zat antioksidan yang membantu melindungi semua sel – sel dalam tubuh anda dari efek radikal bebas, sebagai zat antikanker yang digunakan sebagai obat pencegah terjadinya penyakit kanker dan zat antimikroba yang berpotensi untuk dapat membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan mikroba jahat / bibit penyakit.

Bioaktif adalah salah satu kandungan zat kimia dalam daun mimba yang umum disebut dengan istilah zat alkaloid atau steroid dan flavonoid serta tanin yang ampuh buat menghambat pertumbuhan bakteri salmonella dan e coli.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman mimba, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kencur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *