August 13, 2020

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Eceng Gondok

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Eceng Gondok – Eceng Gondok adalah salah satu tanaman yang hanya mampu tumbuh dengan bagus di atas permukaan air sehingga tanaman ini disebut juga sebagai tanaman air.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Eceng Gondok
Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Eceng Gondok

Pertumbuhan dan perkembangbiakan tanaman ini sangat mudah dan cepat sehingga disebut juga dengan istilah gulma yang dapat mengganggu dan merusak biota yang ada di dalam air. Tanaman ini mampu menyebar ke seluruh badan area perairan melalui saluran – saliran air sehingga menjadi dangkal.

Asal – Mula Tanaman Enceng Gondok

Secara tidak sengaja tanaman enceng gondok ditemukan oleh Carl Friedrich Philipp Von Martius adalah seorang ahli botani dari negeri Jerman.

Selanjutnya tanaman ini sangat mudah ditemukan pada daerah – daerah perairan dengan aliran yang lambat cenderung menggenang antara lain : kolam – kolam dangkal, tanah basah, dan daerah rawa – rawa, aliran air yang lambat, danau, tempat – tempat menampungan air dan sungai.

Tanaman ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan yang ekstrem namun pertumbuhannya akan menjadi terhambat apabila air mengandung garam.

Seperti di negara Afrika Barat, eceng  gondok akan sangat mudah pertumbuhannya ketika sedang musim hujan, namun saat musim kemarau tiba pertumbuhan tanaman ini mulai menurun karena kandungan garam di perairan sekitar cukup tinggi.

Di Indonesia tanaman ini memiliki nama daerah tersendiri seperti di daerah Palembang dikenal dengan nama kelipuk, di Lampung dikenal dengan nama ringgak, di daerah Dayak dikenal dengan nama ilung – ilung dan di Manado dikenal dengan nama tumpe.

Mengenal Klasifikasi Tanaman Eceng Gondok

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Tracheobionta
  • Super Divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Ordo Alismatales
  • Famili : Butomaceae
  • Genus : Eichornia
  • Spesies : Eichornia Crassipes Solms

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mimba

Mengenal Morfologi Tanaman Enceng Gondok

  • Morfologi Akar

Morfologi eceng gondok memiliki akar serabut yang tidak bercabang – cabang dan memiliki tudung akar. Terdapat bulu – bulu akar yang memiliki fungsi sebagai jangkar agar tidak mudah bergerak di permukaan air.

Bagian ujung akar terdapat semacam kantung berwarna merah ketika berada di bawah cahaya matahari. Akar eceng gondok mampu menangkap lumpur dan partikel lainnya yang larut terbawa oleh air.

  • Morfologi Daun

Tanaman enceng gondok memiliki warna hijau terang berbentuk bundar dan pada bagian dalamnya berongga. Rongga untuk saluran udara pada daun enceng gondok ini bermanfaat agar tanaman yang dimaksud tetap terapung di atas permukaan air.

Daun juga memiliki tangkai yang berongga – rongga dan dibagian dalamnya dilapisi selaput tipis berwarna putih sebagai pembatas antar rongga. Daun tanaman ini memiliki stomata yang berukuran besar apabila dibandingkan dengan tanaman lainnya.

  • Morfologi Bunga

Tanaman eceng gondok mempunyai bunga cantik yang bersifat majemuk dengan masing – masing jumlah dapat mencapai 6 s/d 35 berbentuk menyerupai karangan bulir dengan putik tunggal berada ditengah – tengahnya. Bunga tumbuh pada tangkai dengan warna mahkota lembayung.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman enceng gondok, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Seledri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *