August 13, 2020

Pengertian dan Manfaat Over Kredit (Wajib Tahu)

Pengertian dan Manfaat Over Kredit – Membeli rumah melalui KPR merupakan salah satu cara yang banyak disukai masyarakat Indonesia demi mendapatkan rumah impian.

Pengertian dan Manfaat Over Kredit (Wajib Tahu)
Pengertian dan Manfaat Over Kredit (Wajib Tahu)

Selain itu, masyarakat juga suka membeli tempat tinggal dengan over kredit. Cara ini dinilai sebagai solusi untuk menghadapi bunga KPR yang selalu meningkat tiap tahunnya. Karena over kredit dapat menurunkan bunga KPR yang terlalu tinggi.

Over kredit sendiri merupakan sebuah proses untuk mengalihkan pinjaman atau kredit dari debitur yang lama kepada pihak debitur yang baru. Misalnya seseorang membeli rumah KPR dengan jangka waktu 20 tahun.

Pada tahun ke 14, orang tersebut ingin menjual rumahnya kepada temannya. Teman orang tersebut kemudian membayar dengan harga yang telah disepakati dan meneruskan lanjutan kredit hingga rumah tersebut lunas.

Baca Juga : Cara Membangun Backlink Berkualitas

Manfaat Membeli Rumah dengan Over Kredit

Saat ini, membeli rumah dengan cara over kredit mulai banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan ada beberapa manfaat yang diperoleh ketika melalukan over kredit, yaitu :

  1. Over kredit biasanya dilakukan ketika proses kredit sudah berjalan beberapa kali pembayaran. Selama itu, pemilik yang lama tentunya sudah menempati rumah tersebut ketika proses pelunasan. Hal ini sangat menguntungkan bagi pemilik yang baru, dimana rumah dalam keadaan siap huni. Bahkan pemilik yang baru juga bisa menikmati fasilitas tambahan apabila pemilik yang lama sudah melakukan renovasi pada rumah tersebut. Selain itu, karena sudah beberapa tahun, lingkungan disekitar rumah juga sudah berjalan dengan baik.
  2. Ketika melakukan over kredit, pemilik yang baru hanya akan membayar sisa cicilan yang belum dibayar oleh pemilik rumah yang lama. Hal ini berkaitan dengan syarat untuk mengajukan KPR yaitu melakukan pelunasan terhadap cicilan rumah.
  3. Over kredit merupakan proses kelanjutan membeli rumah dengan cara kredit dari pemilik yang lama. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pemiliki yang baru dimana orang tersebut dapat melunasi cicilan rumah dengan sangat mudah. Ditambah dengan over kredit, pemilik yang baru hanya perlu melanjutkan sisa cicilan dari pemilik yang lama sesuai dengan kesepakatan. Bahkan pemilik yang baru bisa mengajukan perpindahan bank yang memberikan bunga lebih terjangkau.

Baca Juga : Cara Lapor Spt Pajak Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *