February 23, 2020

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kencur

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kencur  – Yang dimaksud dengan kencur adalah tanaman temu kecil yang mampu tumbuh subur pada daerah dataran rendah atau daerah pegunungan yang subur dan gembur namun tidak tergenang oleh air. Tanaman kencur mempunyai 2 s/d 3 lembar daun dengan susunan yang jarang dan saling berhadapan. Kencur dapat tumbuh hanya dengan diletakkan saja di atas permukaan tanah.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kencur
Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kencur

Kencur berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu kachora yang artinya temu putih yang dapat tumbuh dengan baik ketika musim penghujan yang mana tanaman ini bisa ditanam pada media pot, polybag, atau sejenisnya dan bisa dibudidayakan secara komersil. Tanaman kencur pertama kali berasal dari India yang mengalami penyebaran luas ke daerah Asia Tenggara serta Cina Selatan bahkan ke Australia Utara.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian 

Kencur adalah bahan rempah yang bermanfaat sebagai penyedap makanan serta jamu untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh seperti melegakan tenggorokan, menambah nafsu makan, dan berbagai khasiat lainnya. Di dalam tanaman kencur terdapat senyawa tonikum yang berguna sebagai bahan penambah nafsu makan pada anak – anak.

Klasifikasi Tanaman Kencur

Kencur mempunyai nama latin adalah kaempferia galangal dengan klasifikasi tanaman kencur sebagai berikut :

  • Kingdom : Plantae
  • Sub kingdom : Viridiplantae
  • Infra kingdom : Streptophyta
  • Super divisi : Embryophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Super ordo : Lilianae
  • Ordo : Zingiberales
  • Family : Zingiberaceae
  • Genus : Kaempferia L
  • Spesies : Kaempferia Galanga L

Ciri – Ciri Morfologi Tanaman Kencur

Batang Dari Tanaman Kencur

Tanaman kencur tidak berbatang, namun memiliki banyak rhizome yang bercabang – cabang dengan warna hitam keabu – abuan yang mampu tumbuh sekitar 30 hingga 70 Cm serta hidup secara perennial. Pada akar tanaman kencur membentuk umbi berwarna putih kekuningan yang membulat atau memanjang namun memiliki bau yang sangat khas.

Daun Dari Tanaman Kencur

Pada masing – masing helaian daun terdapat daging tetapi tersembunyi di dalam tanah yang mana daun ini tumbuh dengan mendatar di atas permukaan tanah dalam bentuk besar eliptis atau bulat memanjang. Pada bagian tandan bunganya dapat tumbuh dengan subur helaian daun yang terdiri dari 4 s/d 12 bunga berwarna putih dengan garis berbentuk violet. Kencur menyimpan daun rimpang yang tenggelam di dalam permukaan tanah namun sebagian berada di atas permukaan tanah dengan warna hijau. Rimpang pada tanaman kencur tumbuh secara bergerombol dengan jumlah daun mencapai sekitar 2 s/d 3 helai dan jarang ditemukan lebih dari jumlah yang telah diteliti tersebut.

Bunga Dari Tanaman Kencur

Yang dimaksudkan dengan bunga pada tanaman kencur adalah yang berwarna putih dan memiliki bau harum serta terdapat 4 helai daun mahkota yang mana pada bagian tangkainya memiliki daun kecil dengan panjang sekitar 2 s/d 3 Cm dan tangkai bersangkutan memiliki cabang api yang mampu tumbuh lebih dari satu tangkai dengan panjang sekitar 5 s/d 7 Cm dengan bentuknya yang bulat beruas. Bunga pada tanaman kencur berbentuk majemuk dengan kondisi susunan setengah duduk pada kuntum yang berjumlah antara 4 sampai dengan 12 buah sedangkan pada bagian bibir bunga / labellum terdapat lembayung dengan didominasi oleh warna putih.

Buah Dan Biji Tanaman Kencur

Tanaman kencur mempunyai rhizome yang berada di dalam tanah dimana pada bagian rimpang tumbuh secara berkelompok dan bercabang – cabang yang terdapat pada bagian induk tengah. Kulit ari tanaman kencur berwarna coklat akan tetapi pada bagian dalam berwarna putih. Aroma yang dimiliki oleh tanaman kencur sangat khas dan pada bagian rimpang berwarna kuning ketika masih muda serta kandungan airnya lebih banyak dibandingkan dengan rimpang yang sudah tua.

Akar Tanaman Kencur

Akar pada tanaman kencur biasanya tumbuh secara bergerombol dan mempunyai cabang dengan serabut berwarna putih. Akar kencur tumbuh berdampingan dengan rhizome atau rimpang berwarna cokelat keputih – putihan, yang mana akar tanaman kencur sendiri mempunyai warna cokelat yang agak keras dibandingkan dengan rhizome atau rimpangnya.

Manfaat Tanaman Kencur

Ada banyak sekali kegunaan dalam tanaman kencur antara lain sebagai berikut :

Untuk mengobati sakit batuk, menghilangkan stres, obat diare, bahan pembuatan jamu yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh, dan obat anti radang.

Demikian kami menjelaskan tentang klasifikasi dan morfologi tanaman kencur, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kapulaga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *