February 23, 2020

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian 

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian  – Yang dimaksud dengan tanaman durian adalah salah satu jenis tanaman buah – buahan yang memiliki batang berukuran besar dan ketinggian pohon bisa mencapai 30 meter. Tanaman ini termasuk ke dalam jenis tanaman berumur panjang yang dapat menghasilkan buah berukuran besar dan berduri tajam. Sedangkan rasa buah, tekstur dan ketebalan daging buah tergantung dari varietasnya masing – masing.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian 
Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian

Mungkin bagi anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya buah durian atau bahkan mungkin menjadikan buah yang satu ini sebagai salah satu buah favorit untuk anda.

Baca Juga : Cara Menanam Rumput Gajah

Yang mana buah ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia maka dari itu banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sehingga tak mengherankan apabila buah dengan daging bercita rasa manis dengan aroma khas ini dijuluki sebagai king of fruit.

Yang sebenarnya tanaman durian berasal dari Asia Tenggara terutama Indonesia dan juga Malaysia. Di negara – negara Thailand tanaman ini telah dikembangkan secara agribisnis dengan sangat profesional. Sedangkan di negara Indonesia pengembangan secara agribisnis dalam suatu kebun khusus masih sangat terbatas jumlahnya.

Pada dasarnya tanaman durian ini mempunyai habitat asli yaitu tumbuh pada hutan belantara yang beriklim panas yang mana tumbuhan ini mampu tumbuh dengan baik pada ketinggian sekitar 800 mdpl.

Untuk mengenal lebih jelas tentang tanaman durian ini maka pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi terkait dengan tanaman durian. Adapun informasi yang akan disampaikan adalah yang berhubungan dengan klasifikasi tanaman durian dan morfologinya secara sederhana. Mari simak uraian kami di bawah ini.

Klasifikasi Tanaman Durian

Kingdom Plantae / tumbuhan
Sub kingdom Tracheobionta / tanaman berpembuluh
Super divisi Spermatophyta / menghasilkan biji
Divisi Magnoliophyta / tanaman berbunga
Kelas Magnoliopsida / dikotil / berkeping dua
Sub kelas Dilleniidae
Ordo Malvales
Famili Bombaceae
Genus Durio
Spesies Durio Zibethinus Murr

Setelah anda mengetahui klasifikasi dari tanaman durian maka selanjutnya adalah mengenal morfologinya antara lain yang berhubungan dengan bagian – bagian dari tanaman bersangkutan.

Berikut ini adalah morfologi durian.

Morfologi Akar Tanaman Durian

Tanaman durian mempunyai perakaran yang terbagi atas beberapa jenis antara lain akar tunggal atau primer, akar sekunder dan juga akar tersier yang menancap kuat dan dalam ke tanah sebagai media tanam utama.

Maka dari itu jenis perakaran seperti ini baik untuk mencegah erosi pada lereng – lereng yang mana akar primer dari tanaman durian berfungsi sebagai media penopang tanaman durian supaya dapat berdiri dengan kokoh.

Sedangkan akar sekunder adalah akar yang tumbuh di daerah perbatasan di bawah tanah yang mana akar ini berfungsi untuk mendukung kokohnya tanaman untuk berdiri.

Untuk selanjutnya akar tersier merupakan akar yang tumbuh dari perakaran serabut yang berukuran menjadi kecil. Akar ini nantinya berfungsi untuk menyerap air dan zat hara yang dibutuhkan oleh tanaman durian.

Morfologi Daun Tanaman Durian

Tanaman durian mempunyai daun berbentuk lonjong atau melanset serta konjong melanset. Ukuran panjang daun durian bisa mencapai 10 Cm bahkan lebih dengan lebar sekitar 4 Cm. Namun tidak semua jenis tanaman durian mempunyai ukuran daun yang sama karena semua tergantung dari varietasnya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman durian, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Merah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *