February 23, 2020

Kelebihan dan Kekurangan Mengajukan Pinjaman di Bank

Kelebihan dan Kekurangan Mengajukan Pinjaman di Bank – Seperti yang kita tahu, pinjaman di bank memang sangat menggiurkan. Ditambah anda membutuhkan uang dengan jumlah yang tidak sedikit.

Kelebihan dan Kekurangan Mengajukan Pinjaman di Bank
Kelebihan dan Kekurangan Mengajukan Pinjaman di Bank

Dan lagi, tak jarang menawarkan pinjaman dengan bunga yang rendah dan tenor yang panjang pada anda. Hal tersebut tentu saja membuat banyak orang memilih untuk mengajukan pinjaman pada bank.

Baca Juga : Ide bisnis online untuk ibu rumah tangga

Walaupun begitu, sebelum anda mengajukan pinjaman uang ke bank. Perlu anda ketahui untuk mengenal kelebihan dan kekurangan mengajukan pinjaman di bank. Maka dari itu saya akan menjelaskan lebih dulu kelebihan mengajukan pinjaman di bank sebagai berikut:

  1. Banyak ragam produk

Pinjaman di bank memang banyak ragam produk yang ditawarkan, mulai dari pinjaman tanpa agunan, pinjaman untuk kredit kendaraan, rumah, hingga jenis-jenis pinjaman lainnya. Maka dari itu pinjaman di bank juga memudahkan anda uuntuk memilih produk pinjaman yang berdasarkan keinginan dan kebutuhan anda.

  1. Lebih aman

Pinjaman di bank memang juga lebih aman dan terjamin ketimbang anda mengajukan pinjaman di tempat lain. Sebab pada proses pinjaman tersebut sudah diatur dengan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan dan juga Bank Indonesia.

  1. Ada dimana saja

Kita bisa menemukan bank dimana saja bahkan hingga pelosok daerah. Hal tersebut tidak perlu membuat anda bingung untuk mengajukan pinjaman. Anda bisa mengunjungi cabang bank yang dekat dengan tempat tinggal anda.

  1. Perhitungan bunga lebih jelas

Untuk perhitungan bunga yang ditawarkan juga lebih jelas. Hal ini tentu saja membantu anda untuk mengetahui berapa jumlah uang yang perlu anda bayarkan pada setiap cicilannya.

Sementara untuk kekurangan mengajukan pinjaman di bank adalah:

  1. Syarat lebih ketat

Ini adalah salah satu kekurangan mengajukan pinjaman di bank. Tidak berbeda dengan keamanannya. Ada beberapa dokumen untuk persyaratan yang perlu anda lengkapi jika ingin pinjaman anda diterima oleh bank.

  1. Proses lebih rumit

Tidak hanya syaratnya yang ketat, proses untuk pencairan dananya juga terbilang rumit. Sesudah anda melengkapi syarat yang diminta dan data anda sudah diverifikasi, maka pihak bank akan menghubungi anda untuk proses selanjutnya. Tidak hanya itu, pihak bank juga akan memastikan bahwa data yang anda berikan tidak salah.

  1. Potensi aset disita jika gagal bayar

Ketika mengajukan pinjaman di bank, anda akan diminta untuk menandatangani surat perjanjian yang salah satunya kesepakatan penyitaan aset jika anda gagal membayar. Itu berarti bisa dibilang bank tidak memberikan toleransi. Bila anda gagal membayar lewat batas yang disesuaikan, maka siap-siap aset anda disita oleh bank.

Baca Juga : Cara Melaporkan Artikel Yang Di Copy Paste

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *