February 23, 2020

Cara Menanam Rumput Gajah Untuk Pemula

Cara Menanam Rumput Gajah – Menanam rumput gajah sebenarnya tidak sulit. Rumput ini tidak memerlukan perawatan khusus yang sulit. Berikut 15 langkah cara menam rumput gajah :

  1. Bajak tanah yang akan digunakan untuk menanam tanaman rumput gajah dengan mencangkul sedalam antara 5 hingga 10 cm dan ratakan kembali tanah tersebut
  2. Namun apabila tanak yang hendak digunakan terlalu gersang atau kering, berikanlah pupuk kandang dengan tujuan untuk menjaga asupan nutrisi tanah dan diamkan selama 1 minggu sebekum memulai menanam.
  3. Waktu yang tepat untuk menanam rumput gajah lebih baik pada saat musim hujan. Tujuannya agar rumput ditanam dapat mendapatkan asupan air yang cukup.
  4. Beli rumput gajah sesuai keinginan, biasanya harga dapat bervariasi yaitu sekitar mulai dari 15.000 rupiah, hingga 20.000 rupiah.
  5. Kemudian mulailah menanam rumput gajah. Dengan cara merobek rumput yang sudah dibeli agar menjadi kecil dengan ukuran sekitar 3-5 cm.
  6. Tanam potongan-potongan kecil yang sudah dipotong hingga akarnya tertutup tanah, tanamlah dengan pola zig-zag agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal nantinya.
  7. Agar janinan rumpt dengan tanah maksimal, dapat dengan cara memukul secara perlahan rumput gajah agar rumput benar-benar melekat di dalam tanah.
  8. Langkah beriktnya dengan meratakan posisi rumput dengan tanah dengan cara menindihnya menggunakan balok kayu, apabila sudah ditindih, angkat kembali balok kayunya.
  9. Jika tanah atau tempat yang disediakan telah siap, tancapkan akarnya dan berikan sedikit tekanan agat terikat tanah. Dapat juga diuruk sedikit sela-sela tanaman dengan tanah dengan tujuan agar tanaman tidak tergeser.
  10. Kemudian tambahkan pupuk urea dan NPK, jika diperlukan. Pemupukan ini dapat dilakukan kurang lebih 2 minggu setelah waktu penanaman rumput gajah, dengan tujuan untuk merangsang pertumbuhan rumput gajah agar lebih pesat.
  11. Siram dengan rutin sehari 2 kali setiap pagi dan sore untuk mempercepat pertumbuhan rumput gajah, dapat menggunakan gembor atau semprotan halus.
  12. Apabila memelihara hewan jenis unggas seperti ayam di tempat yang ditanam, cara mengatasinya mudah, yaitu dengan menutupi rumput gajah yang telah ditanam dengan menggunakan daun kelapa agat tidak dicakar ayam, namun 7 hari setelahnya harus diangkat kembali daunnya
  13. Pastikan bahwa di tempat dimana rumput gajah ditanam, pencahayaan yang didapatkan cukup bagi rumput gajah agar mendapatkan hasil yang diinginkan.
  14. Pastikan agar rumput gajah terhindar dari hama tanaman.
  15. Selanjutnya, perlu diperhatikan bahwa dalm cara merawat rumput gajah untuk kelanjutannya dengan menghindarkan sebisa mungkin dari pejalan kaki agar tidak terinjak-injak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *