February 23, 2020

7 Cara Menanam Cabe Merah Untuk Pemula

Cara Menanam cabe Merah – Cabe merah adalah salah satu bumbu dapur yang banyak kegunaannya, bisa untuk bumbu bali, sambal, dll. Kebutuhan cabai merah pun bisa dibilang cukup penting oleh sebab itu sering kali orang membelinya. Sedangkan jika kita mau , kita bisa menanamnya sendiri dirumah.

Cara Menanam cabe Merah
Cara Menanam cabe Merah

Kalau kita punya tanamannya sendiri, kita tidak perlu antri ke pasar untuk membelinya.

Tinggal dipetik di kebun atau pekarangan sendiri. Berikut adalah cara menanam cabe khususnya cabe merah.

  1. Pilih cabai merah yang dirasa sudah cukup tua untuk dijadikan benih.
  2. Benih direndam dalam larutan atonik (yakni zat yang bisa mempercepat perkecambahan suatu benih) selama 12 jam
  3. Pemeraman atau simpan selama 4-5 malam dalam kantong plastik, setelah itu priksa benih apakah sudah keluar kecambah, maka benih siap dipindah ke plastik-plastik kecil
  4. Plastik-plastik kecil tersebut diisi pasir urug terlebih dahulu serta diberi pupuk kandang dengan perbandingan yang sama sebelum benih di tanam disitu.
  5. Media penanaman cabai yakni dalam polibag dengan kriteria tanah harus gembur dan kaya unsur hara tanaman. Gunakan media tanam tanah, pupuk kompos dengan perbandingan 2 : 1 kemudian tambahkan arang sekam atau tanah, pupuk kandang, dengan perbandingan yang sama. Isi polybag sampai penuh, siram perlahan dan biarkan 5 hari kemudian baru ditanamai.
  6. Pemindahan bibit kedalam polybag yakni ketika bibit cabai sudah berumur 23 sampai 30 hari dan daunnya sudah keluar kira-kira 3 atau 4 helai daun maka bibit siap ditanam. Angkat bibit dari bawah, lepaskan plastik pelan-pelan agar tanah terbawa, lakukan penyiraman secara rutin dan bila sudah tumbuh kuat letakkan ditempat yang terbuka karena dia juga membutuhkan sinar matahari.
  7. Berikan turus atau belahan bambu yang dibuat untuk menopang tubuh cabai agar tidak roboh setelah umur tanaman 1 minggu.

Itulah beberapa tahapan jika anda ingin menanam cabai, untuk pemeliharaannya usahakan disekitar tanaman cabai tidak ada tanaman pengganggu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang ingin menanam cabai dirumah.

Baca Juga : Cara Menanam Rumput Gajah 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *